Ternyata Cokelat Bisa mengatasi Diabetes Dan Kolesterol


Cokelat ternyata memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, menurut para ahli  coklat atau bubuk coklat mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama flavonols, dapat menurunkan kolesterol dan kadar gula  pada penderita diabetes melitus. Flavonols berfungsi untuk meringankan peradangan, membuka pembuluh darah dan mencegah plek pada arteri.

Flavonols juga memiliki kemampuan melindungi terhadap penyakit jantung, stroke, dan kanker. Biji cokelat mengandung banyak antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh yang di akibatkan oleh radikal bebas. Antioksidan juga dapat ditemui pada blueberi, sayuran hijau, bayam, teh, anggur merah dan jus apel. Kandungan antioksidan biji cokelat diperkirakan lima kali lipat lebih besar.


Di Italia sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa cokelat yang pekat dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah diabetes mellitus type 2 dengan cara mendorong hormon untuk menyebarkan gula dari darah ke sel untuk pembakaran.

Sedangkan penelitian yang diadakan di Jerman menyimpulkan, secangkir minuman cokelat diyakini mampu memperbaiki kerja pembuluh darah pada penderita diabetes. Para ahli memberikan tiga cangkir minuman coklat yang telah diformulasi secara khusus setiap hari selama sebulan kepada penderita diabetes. Hasilnya, pembuluh darah yang semula rusak berat, bisa berfungsi normal kembali.

Dalam studi itu, para peneliti dari University Hospital Aachen, Jerman, menggunakan cokelat yang telah diperkaya dengan flavanol. Dr Malte Kelm, yang memimpin riset itu mengatakan, bahwa flavanol bekerja dengan meningkatkan produksi nitric oxide, zat kimiawi di dalam tubuh yang akan membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.

”Pengidap penyakit diabetes tipe 2 tentu saja boleh mengkonsumsi coklat untuk gaya hidup sehat mereka, tapi studi ini tidak bertujuan mendorong penderita diabetes untuk mengkonsumsi lebih banyak cokelat,” demikian kata Kelm.

Semoga Bermanfaat...!

Related Posts:

Post a Comment