Mau Bahagia? Ini Dia Rahasianya

Mau tahu rahasia kebahagiaan? Ingatlah momen-momen indah di masa lalu. Lalu lupakanlah segala kenangan buruk. Peneliti di San Francisco State Unversity percaya, mereka yang melakukan kedua hal tersebut akan hidup bahagia.
Daily Telegraph, Kamis (5/5), menulis, orang dengan ciri-ciri kepribadian yang selalu bernostalgia tentang masa lalu ternyata memiliki kepuasan hidup lebih tinggi. Disebut jauh lebih baik dari mereka yang terlalu memikirkan kegagalan di masa lalu.


Orang ekstrovert (orang yang memiliki sifat terbuka) disebut memiliki kemampuan terbaik untuk melakukan hal tersebut. Sedangkan orang dengan kecenderungan neurotik (suka mengeluh) adalah yang terburuk dan tidak cukup mampu melakukannya.


Penelitian itu juga menyimpulkan bahwa orang dengan pandangan terbuka memiliki pengaruh kuat tentang kebahagiaan secara keseluruhan. "Kami menemukan bahwa orang yang sangat ekstrovert ternyata lebih bahagia dengan kehidupan mereka, karena mereka cenderung untuk memegang pandangan yang positif tentang bernostalgia dari masa lalu dan kurang cenderung memiliki pikiran negatif serta rasa penyesalan," kata Profesor Ryan Howell, psikolog yang memimpin penelitian.

Sedikitnya 750 relawan dilibatkan dalam penelitian tersebut. Mereka menggunakan tes kepribadian standar untuk melihat bagaimana hal itu berhubungan dengan pandangan mereka dan kepuasan hidup.

Tes "Big Five" ini menilai bagaimana orang dengan sifaat ekstrovert, neurotik, terbuka, teliti dan menyenangkan pada skala untuk masing-masing sifat kepribadian. Masing-masing sukarelawan diminta untuk menjelaskan bagaimana masing-masing sifat mereka secara akurat menggambarkan hidup mereka dalam skala 1-9.(Zeenews/ULF) 

Sumber: liputan6.com

Related Posts:

Post a Comment