Bukti Keberhasilan Dakwah K.H. Zainuddin M.Z.


KH Zainuddin MZ hanyalah salah satu dari sekian banyak da’i-da’i yang tersebar dibumi Nusantara Indonesia, kahadirannya dalam jajaran pendakwah Islam memberikan warna tersendiri dan merupakan era baru dalam bidang dakwah  Islam di Indonesia.
KH Zainuddin MZ adalah seorang da’i yang berbeda dengan da’i-da’i pada umumnya. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dengan melautnya umat menghadiri kehadirannya dan apa yang disampaikan bagaikan air segar penghangat dahaga batin yang sejak lama dirindukan.
KH Zainuddin MZ adalah da’i yang berhasil. Wujud keberhasilannya itu dapat ditinjau dan dibuktikan dengan data-data dibawah ini :
HASIL PENELITIAN NASIONAL
Penelitian tentang keberhasilan dakwah KH Zainuddin MZ dilakukan selama empat bulan, mulai bulan Oktober 1992 sampai Januari 1993 pada 20 propinsi (74.07 %) dari 27 propinsi yang ada di Indonesia yaitu Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Daerah Aceh, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Irian Jaya, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tenggara, Riau, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, dan Kalimantan Tengah.
Penelitian itu menggunakan angket tertutup sebanyak 2500 angket, dimana responden dihadapkan beberapa pertanyaan dan alternatif jawaban tentang keberhasilan KH Zainuddin MZ dalam berdakwah. Hasil jawaban responden selanjutnya dianalisis untuk memperoleh suatu kesimpulan.

Kesimpulan pertama: Dari 2500 responden yang tersebar di 20 propinsi di Indonesia, 2165 orang atau 86.60% mereka mengaku merasa kagum atas ceramah atau dakwah yang disampaikan oleh KH Zainuddin MZ baik melalui kaset ataupun terjun langsung di lapangan.

Terhadap dakwah KH Zainuddin MZ mereka menyatakan salut sebab gaya dan metode dakwahnya berbeda dengan da’i-da’i lainnya. Dakwah KH Zainuddin MZ enak didengar, mudah dipahami dan tidak membosankan, serta memantapkan keyakinan dan selalu mengajak kerukunan.

Kesimpulan kedua: dari 2500 responden yang  tersebar di 20 npropinsi, 2074 orang atau 82.95% mengatakan bahwa dakwah KH Zainuddin MZ sangat baik dan merasa jiwanya terisi dengan ajaran Islam yang sebelumnya mereka kurang memahami tentang ajaran Islam.

Mereka mengatakan bahwa ceramah atau dakwah KH Zainuddin MZ mengena dan menyentuh perasaan, karena mampu memberi contoh sekalipun terkesan banyak humornya.

KH Zainuddin MZ bagi mereka adalah figur da’i yang bisa menggugah jiwa yang terlena dan dapat membangkitkan jiwa untuk kembali kejalan yang benar serta dapat mengisi jiwa yang gersang dari nilai-nilai ajaran Islam.

Kesimpulan ketiga: Dari 2500 responden yang tersebar di 20 propinsi di Indonesia, 2163 orang atau 85.44% mengatakan bahwa dakwah yang disampaikan oleh KH Zainuddin MZ mengena dihati, mudah dimengerti dan diterima. Mereka mengatakan bahwa sekalipun dakwah atau ceramahnya KH Zainuddin MZ diulang-ulang akan tetapi tetap menarik dan tidak merasa bosan untuk mendengarkannya.

Adapun dasar dari kekaguman mereka adalah metode, materi, gaya dan bahasa dakwah KH Zainuddin MZ belum ada yang menandinginya, lebih-lebih massa yang selalu membludak jika ia hadir untuk berdakwah.



Related Posts:

Post a Comment